February 19, 2012

Resume Kuliah PSIKOLOGI ABNORMAL

hallo! kali ini saya akan mempostingkan hasil kuliah pertama saya dikelas PSIKOLOGI ABNORMAL :)

      Berdasarkan materi kuliah yang saya dapatkan dari dosen saya, saya akan menjabarkan sedikit perbandingan mengenai kajian perilaku normal dengan perilaku abnormal. Dapat dilihat didalam tabel dibawah ini.

NORMAL
ABNORMAL
Dikatakan normal apabila individu dapat menjalani kehidupannya dengan baik.
Dikatakan abnormal jika individu memiliki gangguan pikologis seperti contohnya: withdrawal, rasa cemas berlebihan, rasa takut berlebihan.
Menjalani peran kehidupan
(keberfungsian psikologis).
Tidak dapat menjalanu perannya  dengan baik (disfungsi psikologis).
Dikatakan normal berdasarkan respon (standar) masyarakat keseluruhan secara umum.
Dikatakan abnormal karena tidak sesuai dengan respon (standar) masyarakat secara umum.

Abnormal dapat terbagi 2 berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

1.      Abnormal superior      : suatu keadaan dimana kemampuan yang dimiliki oleh individu berada di atas standar. Salah satu contohnya pada individu yang memiliki IQ diatas 120 (genius).
2.      Abnormal inferior       : suatu keadaaan dimana kemampuan yang dimiliki oleh individu berada di bawah standar.

   Demikian sedikit materi yang bisa sampaikan. semoga bermanfaat :))

No comments:

Post a Comment